Bakat Alam


raihanah

Adikku yang cantik

Saya takjub juga dengan karya-karya adik perempuan saya, padahal siapapun tidak pernah mengajarkannya menulis sedikit pun (maksud saya menulis di sini adalah menulis dalam menciptakan karya tulis. Kalau menulis biasa pasti dong dia diajarkan di sekolahnya, nenek bangkotan juga tau). Namanya Siti Zainab (namanya memang agak konvensional). Dia baru duduk di kelas satu SD. Suatu hari dia membuat dua buah puisi yang saat selesai dia menunjukkannya kepada saya. Kepada orang lain dia tidak mau memperlihatkannya, bahkan kepada ibunya sendiri pun tidak (ibunya adalah ibu saya, hehe). Saya berikan sanjung-puji kepadanya (dengan agak heboh), kemudian mendorongnya terus untuk menulis. Setelah menulis puisinya itu, dia menulis sebuah cersapen (cerita sangat pendek) yang sudah dia tempel di dinding kamarnya (atas suruhan saya). Saya banyak belajar bahwa kelemah-lembutan, kebaikan, dan sanjung-puji bagi anak-anak akan membuat mereka menjadi jauh lebih baik dan kreatif, daripada kalau mereka dimarahi atau dijelek-jelekkan. Bahkan kalaupun mereka berbuat salah, tidak pantas mereka dijelek-jelekkan. Melaikan dididik dan diberi pengertian sebaik mungkin, bahwa apa yang mereka lakukan adalah salah, bahwa Allah membenci tindakan mereka itu, dan terus memberi teladan yang baik, kepada mereka. Saya banyak belajar bagaimana bergaul dengan anak-anak melalui adik-adik saya. Dengan begitu semoga saya lebih memiliki bekal saat saya memiliki anaki-anak saya sendiri sebentar lagi. Begitulah cara Islam mendidik dan memuliakan anak-anak.

Nah baru saja Siti meminta kertas lagi pada saya (dia sering sekali minta kertas. “Bang, minta kertas, Titi mau nulis,” begitu katanya). Ini dia karya-karyanya.

Matahari

Bangunlah matahariku

Bila kau tabangun semua akan terlelap

Jika kau bangun semua akan bersinar

Karena kau menerangi bumi.

Tanda Maaf

Aku sayang mamaku dan papaku

Aku juga sayang kakaku

Mama dan Papa terima kasih

Karena mama dan papa sudah merawatku sejak kecil

Dan memeliharaku sampai besar.

Leave a Reply

