Sekedar Komentar Untuk SABIL


sabil mizan
Cover persiapan untuk SABIL

Tulisan ini adalah komentar dari seorang kawan dari Ambon, setelah ia membaca cuplikan naskah Sabil.

CUAP- CUAP SEBELUM BLAK2AN SEDERHANA.

-BLANK-, nggak ngerti, hanya senyam-senyum sendirian, saat nge-dengerin hikariku BTW panjang lebar. SABIL???

“Apa pula cerita ni??”

“Andrea Hirata versi Ideologis kah??”

Tiba2 tak tau kenapa linknya kesana [novelis sang pemimpi]. Karena yang dibicaraiin tentang aceh, seketika si Belitung pun kembali mewarnai imajinasi beberapa detik di benakku.

-SEGERA-, kalo udah btw in the bus way tentang novel, mupeng baca tak bisa dielak, perjuangan men-dowload tuh file sampe kaki di kepala, kepala di kaki [mulai lebay] juga ng-dukung si mupeng, karena sinyal yang error-error nggak karauan di ujung timur negeri neh mulai menantang dan menertawai keingintahuanku.

Alamak… hal baru dalam sejarahku, ng-baca novel di layar datar, nggak kebayang dengan kondisi mati lampu yang udah menjadi tradisi akhir2 ini. Bisa2 si mupeng menangis tersedu-sedu karena harus pause tiap 3 sampe 4 jam sekali.

-BEHIND THE SCENE-, hmmm.. sebuah prolog yang sangat indah, dan sempet ng-buat kedua indera penglihatan nie sembab, perasaan jadi campur aduk dan semakin tepar ku di tampar dengan system yang memang menjadi dalang penjajahan kehidupan dalam tekanan distorsi masif yang sengaja diciptakan.

-MOTIVASI AWAL-,Saya mikir, saya hanya mau menulis, saya hanya akan hidup dengan menulis, saya akan menulis sampe saya nggak bisa menulis lagi. Terus menulis. Mungkin saat itulah saya bener2 nggak peduli sama apapun, termasuk hidup dan masa depan saya sendiri, saya Cuma mau menulis.” Teringat status dalam dunia fb nya siape yak…?? J.

Ungkapan sederhana yang langsung mencabik setiap jiwa penulis dimanapun mereka berada. Ungkapan sederhana yang langsung ng-buat si mupeng pengen meyelam ke dasar –SABIL-, sebuah gift cantik dari seorang D’RISER. Hmmm… Ungkapan sederhana yang memang tlah mampu membangkitkan setiap hati.

SEKEDAR BLAK2AN DARI ‘SECRET ADMIRER’.

Bukan sebuah resensi resmi, bukan pula artikel pembaca untuk penulis,, tapi yah emang sebuah blak-blakan, dari ‘secret admirer’ (cielahhh).

Wajah baru kembali hadir,,  magnetik sunrise -SABIL- tak sadar mmbawa ku kembali menikmati “per-film-an” dunia imajinasi tempo doeloe. J

Sempat terperanjat dalam dunia -212- saat deskripsi awal novel nie. (wiro sableng…begitulah kira2. Peace pak’. hehehe)

“PER-FILM-AN” dunia imajinasi…[ini yg gw rasa beda],, dialog aktif yang tak pernah luput dari tiap fakroh nie kisah. Seakan disodorin script pilem yang dibungkus dalam sejarah masa lalu. Dan ku jadi actornye. J

Tokoh2 protagonis tlah berhasil mencuri hatiku dengan air mata. Salah satunya, “Cut Nyak Din”, akankah ku tegar sepertimu…??? T_T (Idola special yang ku temukan di akhir cerita ini [perasaan wanita mendominasi juga kali yak?]).

Semoga semua yang menamakan diri mereka pejuang, menemukan ibroh yang terselip hangat dalam perang sabil, “pena berdarah” dari si penulis.

Yahhh.. pengen ku teriakan :

“Sebuah fatamorgana kehidupan kembali… dia kembali .. kembali dari lamunan mimpi panjang, menyadarkan setiap jiwa “PEMALAS” menjadi “REVOLUSIONER” sejati.

K’KUATAN SPRITUAL TANPA BATAS memang takkan pernah sirna & tak mungkin musnah.

Dan -SABIL- telah kembali membuktikn awal sampe akhir dengan secercah ceritenye dari negri ujung barat bantaran seribu pulau nie. JANJI ALLAH ITU PASTI bukan dengan jalan kompromi tapi perjuangan hakiki dari para revolusioner sejati…!!!

Jangan kau sedih kawan,, wanita2 tangguh dan para pejuang kesepian,, surga Allah menanti kalian.”

WAJIB DIBACA….!!!

“Semua orang pasti akan merasakan nyawanya hilang, sekali saja, dan mereka ingin hilangnya nyawa mereka menjadi penuh makna. Setiap orang dianugerahi hidup, mereka ingin hidup mereka berharga. Bukan hanya untuk diri mereka sendiri, tapi juga untuk semua.”

Afwan wa jazzakallah ya pak’. J

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s