CANTIK SEPERTI BARBIE


Image

Siapa yang tidak kenal boneka Barbie? Boneka cantik mainan favorit anak perempuan ini memang sangat cantik. Namun jika ada manusia yang cantiknya seperti boneka Barbie, kira-kira apa yang ada di benak kita? Di Ukraina ada seorang gadis yang jika kita lirikkan mata kepadanya, kita akan langsung teringat dengan boneka Barbie yang cantik itu. Nama gadis itu Valeria Lukyanova.

Bentuk wajah dan tubuh Valeria memang unik. Dia punya mata biru yang besar dan bulat,  bibir yang bulat, hidung kecil dan mancung, dan rambut pirang yang panjangnya melewati punggung. Bentuk tubuhnya pun sangat “Barbie”. Dia punya dada yang membusung besar dengan pinggang yang sangat kecil. Tak ketinggalan kaki yang panjang. dengan postur tubuh seperti ini tak aneh kalau dia dujuluki ‘Barbie Hidup’. Ada yang mengatakan bahwa Valeria melakukan operasi plastik ekstrim. Namun dia sendiri mengakui bahwa semua yang menempel di tubuhnya itu asli.

Wanita lain yang sangat terobsesi dengan Barbie adalah Charlotte Hothman. Gadis berusia 24 tahun asal Manchester Inggris ini menghabiskan ribuan poundsterling (ratusan juta Rupiah) agar bertampang seperti Barbie kesayangannya. Dia mengaku bahwa keinginannya itu sangat menyakitkan, sebab wajahnya sempat memar dan bengkak pasca operasi.

Dr. Anthony La Bruna, Kepala Manhattan Plastic Surgery, menjelaskan bahwa postur tubuh seperti Barbie sebenarnya sangatlah tidak proporsional bagi manusia. Buah dada yang begitu besar dengan pinggang yang sangat kecil tidaklah proporsional. Kalau ingin punya payudara seperti Barbie harus dilakukan pembesaran payudara sampai ukuran 38DD. Untuk memiliki tubuh yang langsing seperti Barbie pun harus dilakukan operasi pemotongan tulang iga, dan tentu saja operasi itu sangat menyakitkan. Padahal tulang iga sangat besar fungsinya untuk melindungi organ-organ dalam. Agar memiliki kaki yang indah dan panjang seperti Barbie pun harus dilakukan operasi penyambungan tulang kaki. Operasi macam begini sangat sulit dibayangkan. Dan dengan postur tubuh seperti Barbie ini akan membuat seseorang sangat kesulitan berjalan.

Lihatlah, perempuan telah sedemikian dijajahnya tentang berbagai opini tentang seperti apa itu perempuan cantik. Mitos kecantikan yang digaungkan korporasi telah sedemikian mengengekang. Cantik itu adalah kulit yang putih dan mulus, kata iklan krim pemutih kulit. Cantik itu wajah yang bersih, bebas jerawat, kata iklan krim anti jerawat. Cantik itu kalau perutnya langsing, kata iklan susu pelangsing. Cantik itu kalau rambutnya panjang dan hitam mengembang, kata iklan sampo urang-aring. Bahkan cantik itu adalah kulit yang mulus tanpa bulu, kata iklan krim pembabat bulu. Lihatlah, gambaran tentang apa itu cantik di benak kita telah dikendalikan sedemikian rupa oleh korporasi sehingga yang kemudian laku adalah produk-produk mereka. Yang  akan banyak uang dan kaya tentu saja para konglomerat alat-alat kecantikan itu. Dan kalau kita mengikuti semua pandangan tentang kecantikan yang telah dirumuskan oleh korporasi seperti di atas, betapa akan sangat sempit dan tersiksanya hidup kita.

Agama kita yang mulia, Islam, telah mengajarkan bahwa kecantikan yang hakiki dari seorang perempuan itu bukan dilihat dari fisiknya. Melainkan dilihat dari akhlak dan agamanya. Bahkan Islam melarang perempuan mengumbar kecantikannya di hadapan khalayak umum, kecuali kepada orang-orang yang berhak. Dengan mengikuti ajaran Islam, kaum perempuan akan terbebas dari tirani kecantikan korporasi. (sayf muhammad isa)

 

 

Advertisements

2 responses to “CANTIK SEPERTI BARBIE

  1. assalamu’alaikum wr wb,smg allah swt merahmati antum n keluarga antum..amin
    X ini sy msk ke blog ini,futtuh rumm sdh sampai bagian berapa?apa draculesti II sdh keluar,mhn info
    syukron
    wassalamu’alaikum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s