Milik Siapa Kedaulatan Kita?


Image

Judul di atas sebenarnya adalah sebuah pertanyaan yang menyedihkan hati kita. Pertanyaan di atas seharusnya tak perlu ada, sebab jawabannya sudah jelas sekali: kedaulatan kita haruslah jadi milik kita. Sayangnya, pertanyaan di atas mesti muncul saat kita melihat bagaimana kondisi negeri kita saat ini. Kedaulatan kita hampir dalam berbagai bidang telah dikangkangi oleh orang asing.

Hal ini bisa kita lihat dari pernyataan kontroversial dan menyedihkan presiden SBY. Di dalam sebuah perhelatan kepresidenan, dia menyatakan bahwa dia mencintai amerika dengan segala kesalahannya, dan dia menganggap bahwa amerika adalah negeri keduanya. Pernyataan seperti ini sebenarnya adalah pernyataan yang memilukan. Dari sini terlihat seberapa besar cintanya presiden terhadap negeri ini dan rakyatnya sendiri, hanya setengah hati. Sebab setengah hatinya yang lain sudah dibaginya kepada amerika. Kalau begitu di mana letaknya rasa nasionalisme di dalam diri presiden yang selama ini selalu digembar-gemborkan? Dia memerintahkan rakyat untuk mencintai negeri ini, padahal dia sendiri melakukannya dengan setengah hati. Bukankah ini semua sebuah kemunafikan yang telanjang? Dan harga yang mesti dibayar rakyat sebagai akibat dari pernyataan ini begitu mahalnya, kedaulatan tergadai. Lihat saja betapa tunduknya penguasa negeri ini kepada asing, ujung-ujungnya rakyat yang sengsara.

Pada akhir tahun ini amerika berencana untuk merenovasi gedung kedutaannya. Direncanankan bahwa gedung ini akan dibangun sampai 10 lantai dan menempati areal seluas 3,6 hektar. Kalau benar-benar terjadi maka gedung kedutaan amerika di indonesia akan jadi gedung kedutaan terbesar ketiga setelah di Iraq (pertama) dan di Pakistan (kedua). Dan gedung ini diduga kuat akan dijadikan pangkalan militer amerika untuk mengcover kawasan asia tenggara. Hal ini bukan sekedar dugaan kosong, sebab hal ini jugalah yang terjadi di iraq dan pakistan. Kalau sudah begini, milik siapa kedaulatan kita? [sayf]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s