Sekilas Tentang Douwess Dekker


Sampul Max Havelaar terbitan baru.

Berbalas SMS dengan orang yang berilmu memang paling seru. Selalu ada saja berbagai informasi yang bisa kita eksplorasi. Salah satunya adalah hasil SMS-an saya dengan guru menulis saya, Pak Salman Iskandar.

Beberapa minggu yang lalu saya berkesempatan untuk berkunjung ke kediaman Pak Salman, dan saya langsung takjub dengan koleksi buku-buku bersejarah milik beliau. Karena takjub, biasalah, saya melihat-lihat rak buku beliau seperti orang udik baru melihat metropolitan. Hanya saja metropolitan yang satu ini lain, yang ini metropolitan ilmu. Di antara jajaran buku-buku tersebut saya menemukan sebuah buku bersampul hijau dengan tulisan MAX HAVELAAR tertera di sana. Wah ini buku Max Havelaar karya Douwess Dekker yang terkenal itu, pikir saya. Sejenak saya bolak-balik halaman buku itu, yang ternyata adalah sebuah novel. Buku tersebut adalah buku terjemahan.

Nah, tadi malam, Pak Salman meng-SMS saya. Beliau mengabarkan bahwa beliau telah mendapatkan buku Max Havelaar yang asli terbitan bahasa Belanda yang diterbitkan tahun 1917. Jadi sekarang beliau punya buku Max Havelaar terjemahan bahasa Indonesia dan buku dengan bahasa aslinya, bahasa Belanda.

Novel Max Havelaar yang dikarang oleh Eduward Douwess Dekker ini jadi best seller pada abad ke-19 dan abad ke-20 M. Novel ini berkisah tentang gugatan terhadap kekejaman kolonialisme Belanda di Hindia-Belanda (Indonesia). Buku ini fenomenal karena ditulis oleh orang Belanda sendiri. Cucu dari Douwess Dekker ini, yang bernama Ernest Douwess Dekker, malah jadi pejuang nasional sekaligus jadi WNI dan bahkan turut mendirikan Indische Partij. Beliau juga masuk Islam dan jadi mualaf dengan mengganti nama menjadi Dr. Danoedirdja Setiaboedhi. Sejak saat itu beliau selalu pakai peci, dan juga turut aktif di Masyumi. Beliau juga pernah jadi menteri pada masa Orde Lama. [sayf]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s