Nabi Yang Aneh!


Harap baca judul di atas dengan gaya Tora Sudiro yang ada di Extravaganza! Sebab nabi yang akan saya kisahkan di dalam tulisan ini memang sangat aneh, dia adalah Musailamah. Orang ini mengaku nabi ketika Rasulullah Muhammad Saw. masih hidup, sehingga Rasulullah saw. memberinya gelar al Kadzab (pembohong). Musailamah bergerak di kawasan Yamamah. Dia punya pengikut yang cukup banyak juga, sehingga membuat kaum muslimin cukup kerepotan untuk menumpas pergerakannya pada masa Khalifah Abu Bakar Shiddiq.

Para utusan dari Bani Hanifah ketika menghadap Khalifah Abu Bakar menceritakan tentang bagaimana sepak terjang nabi palsu ini. Ayat-ayat yang dia klaim diturunkan Allah kepadanya amatlah menggelikan, di antaranya membahas tentang kodok dan petani gandum. Khalifah Abu Bakar berkomentar bahwa mustahil ayat-ayat seperti  itu diturunkan oleh Tuhan. Imam Ibnu Katsir menyampai komentar yang senada, anak-anak kecil saja enggan mengucapkan ayat-ayat itu dalam permainan mereka.

Musailamah al Kadzab sang nabi palsu ini ternyata sering kepergok meniru-niru Rasulullah Muhammad saw. Suatu kali dia mendengar bahwa Rasulullah meludah kepada sebuah sumur, maka sumur itu jadi melimpah airnya. Dia melakukan juga apa yang Rasulullah saw. lakukan, ternyata sumur yang hampir kering airnya itu malah  jadi kering total. Pernah juga dia meludah ke sumur yang lain, airnya malah berubah rasa menjadi asin (koplak banget dah!). Dia juga pernah berwudhu dan menyiramkan air bekas wudhunya itu ke sebatang pohon kurma (mengikuti apa yang pernah dilakukan Rasulullah saw.), eh pohon kurma itu malah jadi kering, kemudian layu dan mati. Dua orang bayi pernah datang menghadap Musailamah al Kadzab minta diberkahi dengan mengusap kedua ubun-ubun mereka. Tak lama setelah dia melakukan pemberkatan itu, rambut salah satu bayi malah jadi rontok seluruhnya, dan bayi yang satunya lagi malah jadi gagap (wadduh!). seseorang yang sedang menderita sakit mata pernah juga datang menghadap Musalimah al Kadzab, minta disembuhkan. Dia menyeka kedua belah mata orang itu, ternyata mata orang itu malah jadi buta total (malang nian!). Itulah dia sepak terjang nabi yang aneh.!!!

Advertisements

3 thoughts on “Nabi Yang Aneh!”

  1. hahaha… cukup kocak juga sihir nabi palsu itu. baru tau saya, adakejadian seperti itu. makasih infonya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s