Pesona ‘Umar


Serial 'Umar

Mungkin saya termasuk orang yang ketinggalan jaman, sebab saya baru nonton serial ‘Umar sekarang-sekarang ini. Padahal serial ini sudah pernah tayang pada bulan Ramadhan yang lalu di salah satu stasiun tivi swasta. Saya mendapatkan file video serial Umar dari seorang kawan dekat saya yang punya koleksi banyak file film. Yang membuat saya senang sekali adalah file serial yang saya dapatkan dari kawan saya ini full version, seluruh episode ‘Umar sampai tamat lengkap tersedia. Mantap sekali.

Saya sangat menikmati menonton serial ‘Umar ini, saya berpikir sudah seharusnya banyak dibuat tayangan-tayangan seperti ini. Luar biasa sekali kalau para sineas muslim berlomba-lomba menggarap film-film yang menggugah dan mengangkat kisah-kisah kepahlawanan para sahabat dan para kesatria muslim dari masa lampau. Sangat luar biasa pula kalau stasiun-stasiun tivi lebih banyak menayangkan hiburan-hiburan yang bukan hanya sekadar menghibur, tapi juga menginspirasi, mendidik, dan mendatangkan pahala sebab mendorong para pemirsanya untuk ingat kepada Allah swt. dan RasulNya saw. Jangan lagi menayangkan sinetron-sinetron kacangan yang hanya mengumbar aurat, kemesuman, kemesraan, dan kisah-kisah cinta yang absurd. Sayangnya, kelihatannya semua itu akan sangat sulit terwujud pada masa kita sekarang ini, karena apa yang diterapkan di tengah-tengah kita saat ini adalah sistem Kapitalisme-Sekular yang menetralkan peran Islam dari kehidupan.

Serial ‘Umar ini sebenarnya adalah kisah perjuangan dakwah Rasulullah saw. dan para sahabat, hanya saja serial ini menjadikan ‘Umar bin Khathab sebagai sudut pandang. Saya termasuk orang awam dalam dunia perfilman, saya hanya penikmat film saja, dengan demikian saya tidak bisa memberikan pandangan ilmiah (dari sudut pandang perfilman) tentang serial ini. Hanya saja, sebagai seorang penikmat film, saya ingin menyatakan serial ‘Umar ini bagus sekali. Kelemahannya cuma satu, saya kesulitan mengindentifikasi yang mana tokoh-tokoh sahabat dan orang-orang yang memerankannya. Tapi lama kelamanaan, karena saya telah memiliki latarbelakang pengetahun sirah (perjalanan sejarah) Rasulullah, saya bisa juga mengetahui yang mana tokoh-tokoh sahabat itu yang direpresentasikan oleh para pemerannya. Saya berpikir, bagaimana nasib orang lain yang tidak memiliki pengetahuan sejarah Rasulullah sama sekali? Keprihatinan langsung menelusup ke dalam hati saya, pastilah banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana sepak terjang perjuangan Rasulullah dan para sahabat ketika hendak menerapkan syariat Islam dan menegakkan serta mempertahankan Daulah Islam. Semua ini disebabkan karena faktor-faktor sistemik.

After all, serial ‘Umar sangat bagus, highly recommended. Ketika menontonnya saya merasa seolah-olah Rasulullah dan para sahabat, serta perjuangan orang-orang mulia itu hidup kembali. Semoga kita semua bisa meneladani konsistensi mereka. Amin.

Serial ‘Umar
Leave a Reply

