Musik dan Pemujaan Setan


Black Metal adalah salah satu jenis musik yang sangat berhubungan erat dengan pemujaan setan. Berbagai lirik, gaya, dan performa yang mereka tampakkan memang menunjukkan hal itu. Black metal adalah subgenre ekstrim dari musik heavy metal. Beberapa ciri umum dari black metal adalah tempo yang cepat, vocal yang teriak-teriak, gaya gitar yang terdistorsi, ketukan drum yang cepat, dan struktur lagu yang tidak biasa. Awalnya musik black metal dilekatkan dengan satanic metal karena keyakinan satanisme yang dianut para artisnya, juga paham antikristus. Lebih dari itu, beberapa pelopor dari genre ini telah melakukan berbagai aksi pembunuhan, bunuh diri, dan pembakaran gereja. Beberapa artisnya pun dikaitkan dengan neo-nazi, walaupun sebagian besar penggemar black metal dan band black metal yang menonjol menolak neo-nazi. Para praktisi black metal biasanya menolak untuk muncul ke mainstream, mereka lebih memilih untuk tetap underground.

Beberapa ciri yang makin menguatkan hubungan band-band black metal dengan pemujaan setan adalah sebagai berikut:

Lambang. Biasanya band-band black metal akan memakai berbagai lambang pemujaan berhala dan sihir, seperti pentgram, bintang terbalik, salib terbalik, baphomet, kambing mendes, lucifer, dll. Nah, remaja muslim wajib menghindari lambang-lambang seperti ini. Jangan sampe buat sekedar keren-kerenan doang kita memakai lambang ini padahal Allah dan RasulNya telah melarang kita untuk menyerupai orang-orang yang nggak beriman.

Dandanan. Ciri selanjutnya dari band black metal adalah make up mereka yang tebel dan menyeramkan. Dandanan gaya black metal ini istilahnya Corpse Paint (secara harfiah artinya cat mayat). Gaya make up ini menggunakan warna hitam dan putih yang sangat tebal di muka. Biasanya dipakai pas mau konser dan pemotretan. Dandanan model gini untuk menguatkan imej gelap dan seram. Sekaligus imej terhadap setan, dan pembusukan mayat. Ngeri kan?

Lirik. Lirik-lirik lagu black metal emang nyeremin dan menjijikkan. Kebanyakan bercerita tentang kematian, neraka, berhala, pembunuhan, darah, seks, dan penyembahan terhadap setan. Nggak sudi deh ngotor-ngotorin halaman d’rise buat ngutip lirik-lirik nggak penting kaya gitu. Yang jelas lirik-lirik itu udah bisa jadi gambaran kaya gimana isi kepala dan isi hati orang-orang black metal.

Aksi Panggung. Di panggung, band-band black metal akan dengan bringas mengekspresikan diri mereka dalam penyembahan dan ritual terhadap setan. Mereka akan berdandan dengan sangat menyeramkan (salah satunya dengan corpse paint). Mereka melumuri tubuh mereka dengan darah palsu, dan bahkan darah sungguhan (darah binatang). Bahkan ada juga yang melukai diri sendiri hingga darah mengalir. Mereka akan mabuk, dan bahkan muntah-muntah. Tata panggungnya juga menyeramkan. Dalam konser Mayhem, dipancangkan tombak-tombak yang diujungnya ditusukkan kepala-kepala babi.

Ritual. Dalam beberapa konser band-band black metal pun kerap kali melakukan berbagai ritual pemujaan setan dengan meminum darah binatang. Pada tahun 2001 di Malaysia, media mengekspos seorang anak muda penggemar musik black metal yang melakukan ritual minum darah. Karena hal ini, para ulama Malaysia mengeluarkan fatwa untuk mengharamkan musik black metal.

Pemujaan setan nggak hanya dimonopoli oleh black metal. Ternyata pemujaan setan ini bisa juga kita temukan di berbagai jenis musik yang lain dan juga pada musisi-musisi lain. Misalnya pada Januari 2012, Dailymail pernah melansir pengakuan salah satu pekerja Hotel Intercontinental London yang meninggalkan cairah mirip darah dalam jumlah besar di bak mandi hotel. Sumber lainnya juga mengungkapkan bahwa semua staf hotel sangat yakin si Gaga telah mandi di sana atau setidaknya menggunakan cairan merah itu untuk mendandani kostumnya yang selalu saja super aneh.

Jelas banget bahwa musik sama sekali nggak bebas nilai. Di dalam musik pasti akan selalu ada muatan keyakinan tertentu yang harus selalu kita waspadai. Kalo kita terlalu ngoyo ikut-ikutan tren musik bisa-bisa kita dikendalikan oleh musik itu sendiri. Sehingga kita melupakan tugas dan kewajiban kita sebagai kaum muslim untuk membangkitkan umat. So, be careful of music,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s