Tahun Baru, Maksiat Baru


074002bTahun 2012 sekarang sudah ada di ujung tanduk. Sebentar lagi dia akan berakhir, dan kemudian akan dimulailah tahun baru 2013. Isu-isu kiamat yang katanya akan terjadi pada tahun 2012 kelihatannya tidak benar, sebab sampai hari ini kenyataannya semua aman-aman saja. Benar sekali bahwa informasi tentang kiamat itu tidak akan ada satu orang pun yang tahu, kecuali Allah azza wa jalla. Banyak peristiwa terjadi dan banyak momen telah dilewati. Yang baik dan buruk datang silih berganti, menghiasi kehidupan yang fana ini.

Hal-hal yang amat disayangkan dan kerap kali berulang adalah berbagai perayaan yang ada pada momen pergantian tahun masehi ini. Malam tahun baru dan kemaksiatan seolah-olah dua sisi mata uang yang tidak akan pernah bisa dipisahkan. Bahkan perayaan tahun baru itu sendiri pun bermasalah dari sisi aqidah. Islam tidak pernah mengajarkan kepada kita bahwa tahun baru masehi adalah sebuah ‘hari raya’. Rasul saw. mengatakan bahwa hari raya umat Islam hanya dua, Idul Fitri dan Idul Adha.

Suatu kali saya pernah mengobrol dengan seorang kawan saya yang bekerja di sebuah perusahaan ritel nasional yang jaringannya sudah tersebar di mana-mana. Dia bilang setiap malam tahun baru itu orang bolak-balik beli kondom ke toko tempat dia bekerja. Dalam semalam stok kondom di tokonya bisa habis. Ada apa gerangan? Dia juga cerita bahwa berbotol-botol minuman keras terjual. Bahkan dia pernah menemukan ada orang yang menyuruh anak kecil membeli kondom. Masya Allah! Orang-orang beramai-ramai menyambut tahun baru dengan kemaksiatan yang baru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s