PENGUMUMAN PEMENANG WORKSHOP MENULIS FIKSI MAN 2 MODEL MEDAN


Alhamdulillah, naskah para peserta Workshop Penulisan Fiksi sudah dibaca dan dinilai satu persatu. Naskah yang masuk sifatnya beragam. Mulai dari pengalaman saat liburan, ulang tahun, sampai urusan cinta-cintaan anak SMA. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Terlepas dari itu semua, pada dasarnya setiap kisah pasti mengandung unsur keunikan yang layak untuk terus digali. Namun pada akhirnya, pilihan jatuh pada beberapa nama yang melahirkan kisah yang menggugah. Karya yang lainnya bukan berarti jelek loh, cuma masih butuh polesan disana-sini.

Alasan yang membuat naskah terpilih di ajang Workshop kali ini yaitu :

a) Pemilihan kata (diksi) = Pilihan katanya unik, bagus dan tersusun dengan narasi yang menggelitik emosi seperti “udara panas terik” diganti dengan “udara panas menusuk”, juga hal sejenis lainnya.

b) Sistematika alur : Alur tersusun rapi dan tidak melompat-lompat dari satu peristiwa ke peristiwa berikutnya. Sehingga membuat betah yang membacanya.

c) Pemilihan judul : Nah,… banyak juga loh yang lupa mencantumkan judul. Alhamdulillah, terpilih satu naskah yang menghadirkan judul yang sederhana namun menarik perhatian.

d) Karakter tokoh : Tulisan akan menjadi menarik ketika penulis mampu memperkuat jenis karakter tokoh yang diangkat. Misalnya seorang pemarah, periang, atau seorang yang sedang kecewa tentunya mempunyai karakter yang berbeda-beda.

Masih banyak hal-hal lain yang menjadi menambah nilai naskah, mungkin lain waktu ya kita kupas tuntas kembali. Makaaa…. Eng ing eng…. Saatnya pengumuman pemenang. YUP !!

PEMENANG WORKSHOP PENULISAN KARYA FIKSI MAN 2 MODEL (2013) YAITU :

PEMENANG UTAMA : MUTIARA HAYATI (KELAS X-2 MAN 3 MODEL)

PEMENANG FAVORIT :

1. Nanda Eka Putri (Kelas XI IA MAN 2 MODEL)

2. Syah Ghina Rahmi Lubis (Kelas XI IA1 MAN 2 MODEL)

3. Ahmad Fauzi (Kelas XI IA2 MAN 2 MODEL)

4. Nurul Qashri Mahardia T (SMA N 6 Medan)

5. Dra. Suriati,S.Pd

Demikian pengumuman ini. Hadiah akan  dititipkan ke Fajar (Ketua KKD MAN 2 MODEL Medan) pada hari Selasa 2 April 2013  jam 12.15 WIB. Insyaallah. Semoga kita semua bisa semangat dan terus menulis kebaikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s