Rahasia Dalam Surat Khalifah Umar ibn Khathab


Perang antara Khilafah Islamiyah dengan Kekaisaran Persia adalah salah satu perang besar yang terjadi setelah mangkatnya Rasulullah saaw. Perang itu terjadi pada periode pemerintahan Khalifah Abu Bakar Shiddiq dan Khalifah Umar bin Khathab. Di dalam serangkaian perang antara Khilafah dengan Persia itu ada sebuah perang besar, yang bernama Perang Qadisiyah. Karena di dalam perang-perang sebelumnya Persia banyak menderita kekalahan, maka pada Perang Qadisiyah yang akan mereka jelang ini, mereka mengerahkan kekuatan terbesar mereka untuk menghadapi pasukan Khilafah. Pasukan Persia memiliki jumlah yang lebih besar dari pasukan Khilafah.

Untuk menghadapi kenyataan itu, Khalifah Umar mengirim pasukan bantuan untuk mendukung pasukan Khilafah di garis depan. Pasukan bantuan ini dipimpin oleh Sa’ad bin Abi Waqqash, salah seorang sahabat besar. Bersama-sama dengan Sa’ad dan pasukannya, Khalifah Umar menitipkan sepucuk surat. Di dalam surat itu termuatlah sebuah rahasia besar yang menjadi kunci kemenangan kaum muslimin sepanjang masa. Ini dia bunyi suratnya yang dikutip dari Tarikh Khulafa’-nya Prof. Dr. Ibrahim al Quraibi.

“Sayyid Sabiq menjelaskan: Umar bin Khathab menulis surat kepada Sa’ad bin Abi Waqqash dan pasukan yang menyertainya, “Amma ba’du, sesungguhnya aku memerintahkan padamu dan pasukan yang bersamamu, agar bertakwa kepada Allah di semua keadaan dan waktu. sebab, ketakwaan kepada Allah adalah persiapan yang terbaik untuk menyerang musuh, dan strategi terkuat untuk peperangan. Aku memerintahkanmu dan orang yang bersamamu untuk selalu dalam posisi terkuat dalam menjaga diri dari perbuatan maksiat, karena dosa pasukan lebih ditakutkan daripada musuh. Umat Islam berhasil meraih kemenangan karena perbuatan maksiat musuh mereka. Seandainya bukan karena itu, kita tidak punya kekuatan untuk mengalahkan mereka. Itu karena jumlah kita tidak seperti jumlah musuh, persiapan kita tidak seperti persiapan mereka. Jika kita sama-sama berbuat maksiat, maka mereka pasti lebih punya kekuatan daripada kita. Apabila kita tidak berhasil meraih kemenangan sebab keutamaan kita, kita tidak akan berhasil mengalahkan mereka dengan kekuatan kita. Karena itu ketahuilah, dalam perjalanan in kalian selalu disertai Malaikat Hafazhah (penjaga) yang mengetahui apa yang kalian lakukan. Merasa malulah kalian kepada Allah, sedang kalian berada di jalan Allah. Jangan kalian mengatakan ‘musuh kami lebih buruk daripada kami.’ Berapa banyak bangsa yang dikalahkan oleh orang yang lebih buruk dan lebih jahat dari mereka, sebagaimana kaum kafir Majusi berhasil mengalahkan Bani Israil, saat mereka melakukan perbuatan-perbuatan yang mengandung murka Allah, hingga mereka berkeliarn di kampung-kampung dengan membuat kerusakan. Sesungguhnya janji Allah pasti akan terjadi. Mintalah pertolongan kepada Allah, agar Dia menjaga kalian, sebagaimana kalian meminta kemenangan melawan musuh kalian. Mintalah hal itu kepada Allah, bagi kami dan bagi kalian.”

Subhanallah! Itulah dia kunci kemenangan umat Islam, ketakwaan kepada Allah dan menjauhkan diri dari kemaksiatan kepada Allah. Ketika pemimpin kaum muslim memahami benar hal itu, umat pasti akan meraih kemenangan di mana pun mereka berada. Namun sayangnya pemimpin umat saat ini lebih tunduk kepada orang-orang kafir dan mengabaikan ketakwaan kepada Allah dalam bentuk membuang syariat Allah dan lebih memilih menerapkan demokrasi. tidak aneh kalau umat Islam menderita kekalahan di mana-mana. Hanya dengan kembali kepada ketakwaan kepada Allah dengan menerapkan syariat dalam naungan Khilafah Islamiyah sajalah umat akan kembali meraih kemenangan demi kemenangan dunia akhirat. InsyaAllah. Dan rahasia di dalam surat Khalifah Umar tadi sepertinya sekarang sudah bukan rahasia lagi. (follow @sayfmuhammadisa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s