“Kalau Tidak Suka Demokrasi, Keluar Dari Indonesia”


Ungkapan seperti judul di atas pasti akan selalu jadi lontaran pamungkas yang ditujukan kepada orang-orang yang menolak demokrasi. Karena Indonesia ini negara demokrasi, jadi kalau tidak suka dengan demokrasi ya jangan tinggal di Indonesia, keluar saja dari Indonesia terus transmigrasi ke Arab Saudi.

Lontaran seperti ini terdengar benar, jadi orang-orang yang tinggal di Indonesia sini tidak punya pilihan lain selain menerima demokrasi, karena Indonesia sendiri adalah negera demokrasi. Sehingga orang-orang yang menolak demokrasi harus keluar dari Indonesia.

Tapi kalau kita pakai otak kita buat mikir, kita pasti akan memahami betapa absurd-nya ungkapan itu. Dulu Soekarno tidak suka kepada pemerintah Hindia-Belanda yang ketika itu menguasai pulau Jawa, tapi beliau tidak pernah berencana untuk keluar dari wilayah Hindia-Belanda. Dulu juga Rasulullah saw. tidak suka dengan masyarakat jahiliyah di kota tempat beliau tinggal, Mekah, tapi beliau tetap bertahan untuk tinggal di sana dan terus menyerukan kebaikan Islam. Dengan kata lain, kalau kita menolak demokrasi, bukan berarti kita harus keluar dari Indonesia karena Indonesia adalah negara demokrasi. Tapi tetaplah ada di Indonesia sambil berjuang untuk menghancurkan demokrasi yang diterapkan di negeri ini.

Saya jadi ingin menyampaikan ungkapan yang telak juga untuk lontaran absurd di atas. “Kalau tidak menyukai Islam dan penerapan syariat Islam, keluar saja dari bumi Allah. Cari bumi yang lain yang bukan ciptaan Allah.”

follow @sayfmuhammadisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s