Bubarkan Hizbut Tahrir ???


arroyahTepat pada hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2013 yang lalu, puluhan mahasiswa di Kupang, Nusa Tenggara Timur, mengadakan aksi massa yang menuntut dibubarkannya dua buah gerakan Islam yang sering kali dinilai “ekstrim”, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan Front Pembela Islam (FPI) [lihat artikel di situs Tempo yg berjudul Mahasiswa Kupang Tolak FPI dan Hizbut Tahrir].

Saya pasang tiga buah tanda tanya pada judul di atas, yang merupakan ekspresi ketidakmengertian saya tentang apa yang dilakukan oleh para mahasiswa di Kupang itu. Kenapa mereka ingin Hizbut Tahrir dibubarkan? Mari kita bedah argumentasi mereka.

Para demonstran itu mengatakan bahwa “dua ormas Islam itu bertentangan dengan asas Bhinneka Tunggal Ika.” Mereka juga “menggelar aksi teaterikal yang menggambarkan keprihatinan soal kondisi bangsa yang sudah jauh dari semangat ke-Bhinneka-an.” Koordinator aksi yang bernama Ilo juga mengemukakan bahwa, “aksi ini merupakan bentuk keprihatinan pemuda terhadap kehidupan bangsa ini yang semakin diintervensi oleh ormas garis keras yang telah keluar dari nilai-nilai kebhinnekaan di negeri ini.” Dia juga meminta agar “pemerintah segera bubarkan FPI dan HTI.”

Jadi tuntutan mereka untuk membubarkan Hizbut Tahrir adalah karena persoalan kebhinnekaan. Mereka menuduh bahwa Hizbut Tahrir telah berperan aktif dalam melunturkan rasa kebhinnekaan di hati generasi muda Indonesia.

Jadi apa sih sebenarnya Bhinneka Tunggal Ika itu? Kita semua pasti sudah sama-sama tahu bahwa arti Bhinneka Tunggal Ika itu adalah “berbeda-beda tetapi satu jua,” yang kemudian menjadi semboyan negara kita. Lantas kenapa gara-gara adanya semboyan ini Hizbut Tahrir jadi mesti dibubarkan? Bukankah seharusnya semboyan ini membuat para mahasiswa di Kupang itu menghormati adanya perbedaan? Dengan kata lain, bukankah seharusnya mereka menghormati keberadaan Hizbut Tahrir sebagai wujud dari keberagaman itu? Saya tidak mengerti mengapa mereka minta Hizbut Tahrir dibubarkan gara-gara Bhinneka Tunggal Ika!

Kalau mereka menuduh bahwa Hizbut Tahrir harus dibubarkan karena telah keluar dari “nilai-nilai Kebhinnekaan”, lantas nilai-nilai Kebhinnekaan itu seperti apa sih? Kalau mereka ingin Hizbut Tahrir dibubarkan karena menyerukan penerapan syariah Islam dalam naungan Khilafah Islamiyah lantas masalahnya apa? Ada beberapa kalangan saat ini yang sering kali berusaha membenturkan Hizbut Tahrir dengan NKRI, Pancasila, dan UUD 45. Mereka menyatakan bahwa Hizbut Tahrir ingin menghancurkan negara ini dan mengganti dasar negara dengan syariah Islam, padahal negara ini bukan negera agama, melainkan negara Pancasila. Mari sama-sama kita lihat.

Di jajaran pemerintahan baik di eksekutif, legislatif, dan yudikatif, dihuni oleh orang-orang yang nasionalis dan pancasilais. Kecintaan mereka kepada negeri ini seharusnya tidak diragukan lagi, begitu kan? Tapi mengapa orang-orang itu menggadaikan negeri ini kepada konglomerat asing? Menjual berbagai barang tambang dan sumber daya negeri ini kepada perusahaan asing? Kenapa banyak dibuat undang-undang yang lebih menguntungkan para investor asing daripada menguntungkan rakyatnya sendiri? Kenapa banyak orang di pemerintahan itu korupsi? Kenapa subsidi untuk rakyat dihentikan, katanya seorang yang pancasilais cinta negeri ini? Ngakunya pancasilais, nasionalis, mencintai negeri ini, tapi malah berdiri paling depan untuk melego negeri ini kepada penjajah asing.

Tapi mari kita lihat, orang-orang yang menyerukan syariat Islam dalam naungan Khilafah Islamiyah itu berjuang mati-matian untuk menyadarkan masyarakat agar jangan lagi kekayaan alam negeri ini dirampok asing, agar jangan lagi ada orang-orang yang sok kuasa membuat undang-undang yang lebih pro pengusaha asing daripada rakyat, agar jangan ada lagi disintegrasi di negeri ini seperti dulu Timtim terlepas dari negeri ini, melainkan menyatukannya dengan negeri-negeri Islam yang lain dalam naungan Khilafah Islamiyah. Orang yang punya akal pasti akan tahu harus mendukung yang mana. Lain hal kalau sudah gila!!!

One response to “Bubarkan Hizbut Tahrir ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s