Tahun Baru, Dosa Baru


Gemerlap Tahun Baru.

Gemerlap Tahun Baru.

Manusia memanglah makhluk yang tidak akan pernah luput dari dosa. Rasulullah shalallahu ‘alayhi wasallam memang telah menyatakan bahwa manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Dengan kata lain memang tidak akan ada seorang manusia pun yang bebas dari dosa, hanya Rasulullah saja yang ma’shum (terbebas dari dosa). Hanya saja kenyataan itu bukan berarti membuat manusia bebas untuk berbuat seenaknya. “Namanya juga manusia, nggak akan pernah luput dari dosa, yaudah gue berbuat dosa aja. Nanggung amat kalo cuman dikit-dikit, mendingan gue nyebur sekalian.” Haduh, kelewatan amat kalau ada yang berpandangan seperti itu.

Memang benar bahwa manusia itu makhluk yang tidak luput dari dosa, hanya saja hal itu bukan untuk mendorong manusia terang-terangan berbuat dosa. Justru untuk membuat manusia lebih waspada dan mawas diri agar jangan terjerumus ke dalam dosa. Lihat saja di sekeliling kita, sistem hidup dan budaya yang ada memberi peluang yang amat besar bagi kita untuk menumpuk dosa. Bahkan hampir tidak ada celah lagi bagi kita untuk terbebas dari dosa. Lebih parah lagi, sekarang ini perbuatan dosa malah difasilitasi.

Coba kita lihat apa yang terjadi tadi malam, perayaan pergantian tahun, ada Jakarta Night Fest, itu semua adalah perbuatan dosa yang difasilitasi. Dengan kata lain, tadi malam, ada banyak sekali orang yang berbuat dosa, dan bahkan senang dengan perbuatan dosanya itu karena mendapat fasilitas. Na’uzhubillah.

Bagaimana jadinya seorang manusia, kalau berbuat dosa bukannya berduka dan menyesal, tetapi malah senang dan tertawa riang. Na’uzhubillah. Semoga Allah mengampuni kita semua dan menunjuki kita. Aamiin. Semua ini tidak akan terjadi jika kita menerapkan syariat Islam secara menyeluruh dalam naungan Khilafah Islamiyah. Sistem yang baik akan menciptakan suasana dan kondisi yang baik bagi umat manusia untuk menuju kepada kesalehan sebagai seorang hamba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s