Cantik Itu Kulit Mulus Bebas Bulu? Ngoookkk!!


Tidak bermaksud mengiklankan produk ini ya!

Tidak bermaksud mengiklankan produk ini ya!

Kita semua pasti sudah kenal dengan kalimat di atas? Dan menurut saya, semboyan sebuah produk perontok bulu di atas adalah definisi paling konyol terhadap kecantikan. Kenapa konyol? Ya jelas konyol lah. Nggak usah saya jawab juga udah jelas banget kekonyolannya. Yang pasti definisi cantik seperti ini adalah cantik menurut versi produk perontok bulu.

Kalau menurut produk deodoran, cantik itu lain lagi. Cantik adalah kalau kita punya ketek putih mulus. Malu dong kalau kita punya black cat, ntar keteknya nggak bisa dipertontonkan ke orang-orang karena udah pada geli duluan. Definisi cantik produk deodoran adalah juga definisi cantik yang konyol. Saya juga geli kalau melihat iklan deodoran, ketek-ketek dipertontonkan pada semua orang, emangnya ngapain sih kita harus punya ketek putih? Penting banget gitu ya?

Kalau menurut produk pemutih wajah, cantik itu ketika wajah kita putih mulus tanpa noda hitam. Cantik itu wajah yang kenyal tanpa kerutan. Haduh, ini juga nggak kalah konyolnya. Saya juga geli banget kalau ngeliat iklan-iklan penghilang jerawat. Kayaknya kalau muncul seupil jerawat di muka kita, dunia serasa kiamat. Kayaknya muka ketumpahan air keras sampe jadi buruk rupa. Muka sampe ditutup-tutupin, malu banget kalo jerawatnya keliatan orang. Haduh..!

Definisi-definisi cantik yang konyol seperti itu terus-menerus ditanamkan di otak dan alam bawah sadar kita lewat iklan-iklan di tivi. Sehingga nantinya kita terhanyut dan percaya dengan definisi-definisi itu, kemudian tingkahlaku kita terpengaruh dengannya. Kita akan merasa was-was kalau jerawat nongol di muka kita, dan kita-kita yang berkulit agak gelap jadi benci dengan warna kulitnya. Ujung-ujungnya, produk-produk yang diiklankan itu kita beli. Semuanya kembali kepada uang.

Padahal Allah semenjak ratusan tahun yang lalu telah menetapkan bahwa standar kemuliaan seseorang itu adalah ketakwaannya. Kalau dia bertakwa, maka dia mulia, tidak peduli bagaimana pun tampangnya. Kalau dia tidak bertakwa, mau keteknya putih mulus kek, mau mukanya putih mulus nggak ada kerutan kek, mau kulitnya nggak ada bulunya kek, tetaplah dia derajatnya hina di dalam pandangan Allah subhanahu wata’ala. Sudah saatnya kita melepaskan diri kita dari definisi-definisi kapitalistik itu, dan mengikatkan diri pada definisi yang telah ditetapkan Allah sesuai dengan fitrah kita. Jadi yang punya ketek item nyantai aja gitu lho!

follow @sayfmuhammadisa on twitter

One response to “Cantik Itu Kulit Mulus Bebas Bulu? Ngoookkk!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s