Sering Salah, Gampang Lupa!


jalan-dakwahSetidaknya ada dua hal yang amat menakutkan di mata saya, DAKWAH dan MENULIS. Lah kok begitu? Bukankah kedua hal ini adalah kebaikan? Dakwah adalah kewajiban dari Allah kepada setiap muslim untuk menyebarkan kebaikan dan mengajak kepada Islam, sedangkan menulis bisa menjadi salah satu sarana dari dakwah itu sendiri, sekarang kenapa disebut menakutkan? Terlebih lagi, bukankah saya adalah seorang penulis, kenapa saya malah menyebut menulis itu mengerikan? Jangan-jangan saya ini “penulis yang aneh”??!! (meminjam nada Tora di Extravaganza).

Dakwah dan menulis, ketika mereka dirangkaikan menjadi satu, maka mereka akan bersenyawa menjadi kekuatan yang luarbiasa. Keduanya akan saling mendukung, menguatkan, dan melengkapi, bersimbiosismutualisme. Jangkauan dakwah akan menjadi jauh lebih luas jika ia telah dituangkan dalam bentuk tulisan. Kenyataan ini bisa kita lihat dari surat-surat dakwah Rasulullah yang beliau sampaikan kepada para raja dan kaisar, yang jarak mereka terpisah jauh dengan Rasulullah. Surat adalah salah satu bentuk dari tulisan.

Lantas kenapa di awal tadi saya sebut dakwah dan menulis itu dua hal yang menakutkan? Jawabannya, karena saya khawatir, jangan-jangan, baik sadar maupun tidak sadar, saya tidak melaksanakan apa yang telah saya dakwahkan dan tuliskan! Dan konsekuensi dari tindakan ini amatlah mengerikan, murka dan kebencian di sisi Allah subhanahu wata’ala. Terlebih lagi, saya hanyalah seorang manusia yang sering salah dan gampang lupa! Na’uzubillah.

Namun ketakutan dan kekhawatiran saya tadi tidaklah mengubah apa-apa. Ketakutan dan kekhawatiran saya tidaklah menggugurkan kewajiban dakwah di pundak saya. Saya pun tidak bisa melepaskan diri dari dunia tulis-menulis. Terlepas dari semua itu, ada banyak sekali kebaikan yang bisa saya raih dari dua aktifitas yang amat mulia ini, baik untuk dunia mau pun akhirat. Tinggalah saya yang mesti mampu mawas diri, walau pun mungkin itu sulit! Semoga Allah Yang Maha Pemurah mengampuni dosa kita semua. Aamiin.

Leave a Reply

