Karya Besar


jalan-dakwahTidak ada yang mengingkari betapa besarnya karya Imam Bukhari, Al Jami’ as Shahih, atau yang biasa disebut Shahih Bukhari. Sebuah kitab hadits yang bahkan dinyatakan paling otentik setelah Al-Quran. Dan tentunya di balik sebuah karya besar terdapat kisah perjuangan yang besar pula dalam upaya penulisannya.

Sebelum berhasil menulis Al Jami’ as Shahih, Imam Bukhari harus berkeliling beberapa bagian dunia untuk menuntut ilmu dan mengumpulkan hadits. Beliau pun menghapal ratusan ribu hadits. Dalam pengantar kitab Adabul Mufrad, Imam Bukhari mengatakan, “Saya meriwayatkan hadits dari seribu syekh bahkan lebih, tidak satu pun hadits yang saya riwayatkan kecuali saya sebutkan sanadnya.” Subhanallah.

Ketika berusia 18 tahun, Imam Bukhari menyusun kitabnya yang berjudul At Tarikhul Kabir. Tentang kitab ini ia berkata, “Setiap nama orang yang tercantum dalam kitan ini saya tahu riwayat hidupnya, hanya saja saya tidak suka memperpanjang penulisannya.” Kitab Al Jami’ as Shahih sendiri berisi enam ratus ribu hadits yang telah disaring dan dipisahkan dari hadits yang lemah dan palsu. Tentang penulisan kitab ini, Imam Bukhari berkata, “Setiap hadits yang akan aku tulis dalam Al Jami’ ini, aku mandi dan solat dua rakaat sebelumnya.” Subhanallah. Tidak heran jika kitab ini baru rampung setelah memakan waktu penulisan selama 18 tahun. Sebuah karya besar yang akan selalu dibaca, dikaji, dan dikenang.

Di dalam Khilafah Islamiyah akan tumbuh dan berkembang orang-orang yang luar biasa seperti Imam Bukhari. Sebab sistem Islam yang diterapkan di sana akan menciptakan lingkungan yang terbaik dan masyarakat yang ideal untuk terbentuknya orang-orang mulia seperti Imam Bukhari secara massal. Sudah saatnya!!!

One response to “Karya Besar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s