Anak Jaman Sekarang


Pada suatu hari, di sebuah kampung, akan digelar sebuah posyandu. Sejak pagi, ibu-ibu panitia posyandu telah berbusana rapi dan resmi. Mereka siap menyambut para ibu yang hendak memonitor kesehatan dan pertumbuhan buah hatinya.

Salah seorang ibu yang menjadi panitia posyandu tersebut bernama Ibu Mimin. Ia bertugas memegang kertas absensi, kemudian memanggil nama-nama balita yang akan ditimbang itu satu persatu. Ketika kegiatan posyandu itu dimulai, Ibu Mimin segera menjalankan tugasnya, ia memanggil nama-nama balita itu satu persatu.

“Andre,” katanya, memanggil nama seorang balita. Ia melanjutkan.

“Kesya!”

“Keyla!”

“Rasya!”

“William!”

Tiba-tiba ada seorang panitia yang berbisik kepada Ibu Mimin.

“Nama-nama anak jaman sekarang bagus-bagus ya,” katanya.

“Iya, nggak ada yang namanya Mimin,” sahut Ibu Mimin dengan ekspresi penuh penyesalan, yang seolah-olah berkata, “ayah-bunda, mengapa memberikan nama Mimin kepada diriku?”.

Saya pernah bekerja jadi tukang fotokopi. Saat sedang melaksanakan tugas, kadang saya menemukan nama-nama yang aneh-aneh. Dan biasanya nama-nama aneh itu tercantum di surat veteran, atau kartu pensiun. Misalnya Ook, Oon, Oom, dan sejenisnya. Nama-nama orang dulu memang sangat aneh dan simpel-simpel.

Jaman telah berubah, generasi sekarang sepertinya tidak sudi memberikan nama-nama aneh seperti itu kepada anak-anak mereka. Dan biasanya nama-nama anak jaman sekarang itu panjang-panjang dan unik-unik. Misalnya, Ustadz menamai putranya Ghazi Muhammad Alfatih 1453. Jadi ada nomor di nama itu. Unik banget kan?! Sudah seharusnya kita memberikan nama-nama yang baik kepada anak-anak kita. Sebab nama-nama yang kita berikan itu akan dibawa terus sampai ke akhirat. Dengan nama itulah kelak Allah akan memanggil setiap kita satu persatu untuk mempertanggungjawabkan setiap amalan kita. Mudah-mudahan dengan nama yang baik, akan terlahir pula insan-insan yang baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s