Imam Abu Hanifah dan Tetangganya


Kita semua pasti mengenal Imam Abu Hanifah. Beliau adalah seorang imam mazhab yang luas ilmunya dan tinggi amal ibadahnya. Nama asli beliau adalah Nu’man bin Tsabit dan beliau berasal dari kawasan Iraq. Beliau adalah orang Persia asli yang lahir tahun 80 Hijriyah di Kufah. Saya ingin kisahkan sebuah cerita tentang Imam Abu Hanifah dan tetangganya.

Imam Abu Hanifah memiliki seorang tetangga yang menganut paham Syiah. Si tetangga ini memiliki dua ekor keledai, dan karena dia orang Syiah, dia menamai seekor keledainya dengan nama “Abu Bakar”, dan yang seekor lagi dengan nama “Umar”. Innalillahi wa inna ilayhi roji’un, saya geleng-geleng kepala waktu membaca kisah ini. Orang kok kreatif banget! Maksudnya kreatif kurang ajarnya!!!

Pada suatu hari, orang-orang berdatangan ke rumah Imam Abu Hanifah. Mereka memberi kabar bahwa si Tetangga yang kreatif tadi telah meninggal. Yang bikin meringis adalah, ternyata dia meninggal karena ditendang oleh salah satu keledainya. Mungkin tendangan si keledai ini tepat mengenai titik-titik vital dari si tetangga yang kreatif tadi, sehingga nyawanya tunai dengan cara yang cukup menggelikan. Untung jaman dulu nggak ada koran Lampu Hijau. Kalau ada koran Lampu Hijau, bakal ada headline “Anunya Ditendang Keledai, Mati!”. Hehehe!

Imam Abu Hanifah kemudian mengatakan kepada orang-orang yang membawa kabar kematian tetangga Syiah-nya tadi, bahwa beliau menduga keledai yang menendang tetangganya itu sampai mati adalah keledai yang bernama “Umar”. Imam Abu Hanifah menyuruh mereka mengeceknya. Dan setelah dicek, ternyata benar! Nah loh, rasain!!!

Semoga kita semua bisa mencintai dan meneladani para sahabat Rasulullah saw. dengan sebagaimana mestinya. Semoga kita bisa memberikan penghormatan yang seagung-agungnya kepada mereka karena semua amal, pengorbanan, dan perjuangan mereka menegakkan syariat Islam. Kalau Allah swt. saja meridhoi mereka, lantas kenapa orang macam kita menghina mereka?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s