Tuhan Yang Benar


Sayf Muhammad Isa

Kalau dari menyembah Tuhan yang dicari hanya ketenangan, maka menyembah tuhan manapun bisa saja membawa pada ketenangan. Orang menyembah batu atau pohon pun bisa merasakan ketenangan. Orang menyembah berhala atau setan pun bisa saja merasakan ketenangan. Bahkan orang yang tidak menyembah apa-apa, alias Atheis, pun bisa saja merasakan ketenangan dengan perbuatannya itu. Sebab itulah, yang jadi masalah bukanlah kita merasakan ketenangan atau tidak merasakan ketenangan ketika menyembah sesuatu. Yang jadi masalah adalah, apakah yang kita sembah itu adalah Tuhan yang benar, yang dengannya kita akan merasakan ketenangan yang lebih mendalam?

Orang menyembah batu atau pohon pun bisa saja harapan-harapannya terkabul. Orang menyembah api atau air pun bisa saja doa-doanya terwujud. Kaisar-kaisar Persia memiliki kekuasaan yang luas, padahal mereka menyembah api. Orang-orang cina hidupnya makmur-makmur padahal mereka menyembah dewa-dewi di langit dan menyembah roh nenek moyang. Karena itulah, masalahnya bukanlah terkabulnya atau tidak doa-doa dan harapan kita ketika menyembah sesuatu. Tetapi masalahnya adalah, apakah sesuatu yang kita sembah itu adalah Tuhan yang benar, yang menjawab seluruh doa dan harapan-hadapan umat manusia, walaupun umat manusia itu selalu mengingkariNya dan bermaksiat kepadaNya?

Maka menemukan Tuhan yang benar ini menjadi suatu urusan yang sangat penting. Dan ketika kita mengerahkan seluruh potensi insaniah kita, berupa akal, bahwa Tuhan yang benar itu adalah Tuhan yang esa, Tuhan yang tiada sekutu bagiNya. Tuhan yang tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan tiada sesuatu pun yang setara dengan Dia. Itulah Allah subhanahu wata’ala.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s