Tujuan Hidup


83594459_70d9688f23Sebenarnya perkara tujuan hidup ini amatlah penting, hanya saja ada banyak orang di luar sana yang melupakannya. Terlebih lagi ada banyak orang yang tidak mau peduli dengan apa tujuannya hidup di dunia ini. Efek selanjutnya dari ketiadaan tujuan hidup ini adalah, kita akan menjadi korban dan budak tren. Kemana arah tren bergerak, maka kita akan menuju ke sana, tanpa mengetahui untuk apa kita melakukan semua itu. Ada sedikit ilustrasi sederhana tentang betapa pentingnya tujuan hidup di dunia ini bagi seseorang.

Pada suatu hari, ada seorang pengelana yang telah berjalan sedemikian jauh. Kemudian di suatu tempat, dia menemukan sebuah persimpangan jalan. Jalan yang sedang ditempuhnya itu bercabang tiga: lurus, belok kanan, dan belok kiri. Si Pengelana kemudian bertanya kepada orang yang tinggal di sekitar persimpangan jalan itu, ke manakah arahnya ketiga jalan tadi. Kemudian orang yang ditanya tadi malah balik bertanya kepada Si Pengelana.

“Memangnya tujuan anda kemana?” Tanyanya.

Si Pengelana terlihat kebingungan. “Saya tidak tahu mau kemana!”

“Kalau begitu ke mana pun ketiga jalan ini menuju, tidak ada bedanya bagi anda.”

Dari ilustrasi ini tergambar sekali betapa membingungkannya hidup kalau tidak punya tujuan. Sayangnya, ada banyak sekali orang yang justru tidak memedulikan tentang tujuan ini. Padahal persoalan besar ini mesti dijawab, sebab jawaban itulah yang nantinya akan menentukan seperti apa kehidupan kita.

Allah subhanahu wata’ala, Tuhan semesta alam, pun memiliki tujuan atas setiap perbuatanNya. Seperti firmannya dalam Alquran surah Ali-Imran ayat 190, “(Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah baik dalam keadaan berdiri, duduk, maupun berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi, (seraya berkata) ‘Wahai Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini dengan sia-sia belaka…” Tidak ada yang sia-sia, dengan kata lain, semuanya memiliki tujuan.

Maka ketika kita tidak bisa menemukan jawaban tentang apa sesungguhnya tujuan hidup kita, tanyakanlah kepada Dia yang telah menciptakan kehidupan. Allah berfirman dalam Alquran surah Adz-Dzariyat ayat 56, “Tidaklah Kami menciptakan jin dan manusia, kecuali untuk beribadah.” [Sayf Muhammad Isa]

2 responses to “Tujuan Hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s